PENGANTAR PSIKOLOGI KONSUMEN

DEFINISI
“Interaksi dinamis antara pengaruh kognisi, perilaku dan kejadian di sekitar kita dimana manusia melakukan aspek pertukaran dalam hidup mereka” (American Marketing Association)
“Studi tentang unit pembelian dan proses pertukaran yang melibatkan perolehan, konsumsi dan pembuangan barang, jasa, pengalaman serta ide-ide.” (Mowen&Minor, 2001)

Tiga Hal Penting Dalam Perilaku Konsumen
1.       Perilaku konsumen adalah dinamis
       Masyarakat selalu berubah
       Satu strategi pengenalan produk yang sama tidak dapat memberikan hasil yang sama sepanjang waktu
       Beda produk beda strategi
2.      Perilaku konsumen melibatkan interaksi antara pengaruh kognisi, perilaku dan kejadian disekitar
Untuk mengenali konsumen, pahami apa yang dipikirkan, dirasakan, dilakukan dan lingkungan dimana mereka berada.
3.      Adanya proses pertukaran.
Ujung dari pengenalan konsumen adalah adanya pertukaran nilai
Tahap Proses Pertukaran
       Tahap perolehan/akuisisi
Menganalisis faktor yang mempengaruhi pilihan terhadap produk dan jasa
       Tahap konsumsi
Menganalisis bagaimana konsumen sebenarnya menggunakan produk atau jasa dan pengalaman yang dilalui saat menggunakannya
       Tahap disposisi
Menganalisis perilaku konsumen setelah menggunakan produk atau jasa yang dipilih

Persyaratan Pertukaran
       Terdapat dua atau lebih pihak
       Setiap pihak harus memiliki sesuatu yang bernilai bagi pihak lainnya
       Setiap pihak harus mampu berkomunikasi dan berbicara
       Setiap pihak harus bebas menolak dan menerima tawaran pihak lainnya
   Setiap pihak harus percaya bahwa hubungan dengan pihak lain sudah sesuai atau memang diinginkan

Jenis Sumber Daya Yang Dipertukarkan
       Perasaan
Ekspresi rasa hormat yang penuh kasih, kehangatan, atau kenyamanan
       Status
Penilaian evaluatif yang mengarah pada gengsi tinggi atau rendah, rasa hormat, atau penghargaan
       Informasi
Saran, opini, atau instruksi
       Uang
Semua koin atau mata uang yang memiliki nilai tukar standar
       Barang
Semua produk atau obyek yang memiliki nilai tukar
       Jasa
Semua kinerja dari pekerjaan yang dilakukan untuk orang lain


Alasan Mempelajari Psikologi Konsumen
       Membantu produsen untuk:
      Mendesain strategi pemasaran
      Segmentasi pasar
      Memposisikan dan diferensiasi produk
      Analisis lingkungan
      Studi riset pasar
       Memaikan peranan dalam menentukan kebijakan publik
       Menjadikan individu sebagai konsumen yang efektif
       Memberikan pengetahuan menyeluruh tentang perilaku manusia
       Memberi informasi tentang:
      Orientasi konsumen
      Fakta perilaku konsumsi manusia
      Teori sebagai pedoman proses pemikiran

Tiga Perspektif Perilaku Konsumen
       Perspektif pengambilan keputusan
Gambaran langkah konsumen saat sedang melakukan pembelian
       Perspektif pengalaman
Gambaran alasan mengapa konsumen memilih/tidak memilih produk tertentu
       Perspektif pengaruh perilaku
Kekuatan pengaruh lingkungan dalam “memaksa” konsumen melakukan pembelian tanpa harus terlebih dahulu membangun perasaan/kepercayaan terhadap produk 

0 comments:

Post a Comment