PERSONOLOGI HENRY A. MURRAY

DEFINISI
Istilah Personologi merupakan suatu ringkasan dari teori yang memfokuskan diri pada individu-individu dengan seluruh kompleksitasnya. Istilah ini dikemukakan oleh Henry Murray (1983) untuk memahami individu secara penuh. Dia menyatakan bahwa satu bagian tingkah laku tidak dapat dipahami terlepas dari semua bagian lainnya dalam pribadi yang berfungsi.
Dia berkeyakinan bahwa sebelum memahami dengan menganalisis secara mendalam lingkungan tingkah laku, seseorang tidak dapat menjelaskan tingkah laku secara memadai. Dalam pandangan Murray, sejarah individu benar-benar sama pentingnya seperti keadaan individu beserta lingkungannya masa kini.
Ciri paling khusus dari teori Murray adalah pembahasan yang sangat terinci tentang motivasi, pembahasan yang sangat terinci tentang motivasi, tentang regnancy (proses fisiologis yang membarengi proses psikologis yang dominan). Dia menekankan bahwa otak menjadi pusat/locus kepribadian dan semua bagiannya.
STRUKTUR KEPRIBADIAN
Murray berpendapat bahwa kepribadian berada dalam keadaan yang berubah. Karena itu, meskipun pandangannya tentang struktur kepribadian dipengaruhi oleh Psikoanalisis, dia tetap berhati-hati dalam memakai istilah “struktur” karena kata tersebut memiliki makna konotasinya dengan sifat tetap, teratur, dan tunduk pada suatu hukum.
·                  Dalam merumuskan kepribadian, Murray sangat berorientasi pada pandangan yang memberi bobot memadai pada, sejarah organisme, fungsi kepribadian yang bersifat mengatur, cirri-ciri berulang dan baru pada tinggah laku individu, kakikat kepribadian yang abstrak dan konseptual, proses-proses fisiologis yang mendasari proses-proses psikologis.
·              Proceeding (interaksi antara subyek – obyek atau subyek – subyek, dalam jangka waktu cukup lama sehingga mencakup unsur-unsur penting dalam suatu sekuen tingkah laku tertentu). Sifatnya internal (melamun, memecahkan masalah, menyusun rencana dalam keheningan). Sifatnya eksternal (berinteraksi dengan orang-orang atau obyek-obyek dalam lingkungan).
·          Proceeding Program Serial Tujuan/ cita-cita (semua proses dinamakan Ordinasi : Program atau jadwal yang tersusun).
·         Ordinasi merupakan proses jiwa tinggi, setingkat dengan kognisi atau pemahaman.
·                    Abilitas dan prestasi à Komponen individu ini menjembatani disposisi-disposisi dengan tindakan serta hasil-hasil ke arah mana disposisi ini ditujukan.
·         Id, Ego, Super Ego, dan, Ego-Ideal
-    Id à Gudang impuls-impuls yang bersifat primitive yang menjadi sumber energi
-   Ego à Organisator atau integratof sentral tingkah laku. Kekuatan dan keberhasilan ego merupakan factor penentu penting bagi penyesuaian diri individu.
-     Super Ego à hasil penanaman kebudayaan
-     Ego Ideal àgambaran diri yang diangan-angankan (sekumpulan ambisi pribadi)

DINAMIKA KEPRIBADIAN
TIPE-TIPE KEBUTUHAN
  • Kebutuhan Primer vs Kebutuhan Sekunder
  • Kebutuhan-kebutuhan terbuka vs Kebutuhan-kebutuhan tertutup
  • Kebutuhan yang memusat vs Kebutuhan yang menyebar
  • Kebutuhan Proaktif vs Kebutuhan Reaktif
PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN
  1. Kompleks-kompleks kanak-kanak
  2. Faktor-faktor Genetis dan Pematangan
  3. Belajar
  4. Faktor-faktor Sosio-Kultural
  5. Keunikan
  6. Proses-proses Tak Sadar
  7. Proses Sosialisasi
Materi selengkapnya silakan dowanload disini

0 comments:

Post a Comment